Kesadaran Isoter Rendah, Warga Bangka Sumbang Angka Kematian Covid Tertinggi di Babel

Antara ยท Rabu, 29 September 2021 - 14:20:00 WIB
Kesadaran Isoter Rendah, Warga Bangka Sumbang Angka Kematian Covid Tertinggi di Babel
Pasien positif Covid-19 meninggal di Bangka Belitung paling banyak berasal dari Kabupaten Bangka. (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Kabupaten Bangka menyumbang angka kematian akibat Covid-19 tertinggi di Bangka Belitung (Babel). Salah satu penyebabnya karena kesadaran warga yang positif untuk menjalani isolasi terpusat (isoter) masih rendah.

"Kebanyakan warga positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri, sehingga mereka kurang mendapatkan perawatan medis," kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan analisis dan evaluasi PPKM level 2, 3 dan 4 di Babel, kasus kematian tertinggi terdapat di Bangka yaitu 2,67 penduduk/100.000/minggu. Sedangkan kasus kematian terendah di Belitung Timur 0,77 penduduk/100.000/minggu dan 

"Pasien Covid-19 di Bangka yang melakukan isolasi mandiri ini tidak terawasi dengan baik, sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan kasus baru," ujar Mikron.

Menurutnya, secara keseluruhan kasus kematian di Babel sudah mengalami penurunan. Hal itu terjadi karena semakin optimalnya peran satgas oksigen, tersedianya obat-obatan, nakes, serta adanya percepatan vaksinasi.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: