Besok, Rumah Sakit Covid-19 Babel Beroperasi

Haryanto ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 18:46:00 WIB
Besok, Rumah Sakit Covid-19 Babel Beroperasi
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, saat mengunjungi Rumah Sakit Infeksi Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno. (foto : istimewa)

BANGKA, iNews.id - Rumah Sakit Infeksi dan Karantina Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno, dipastikan beroperasi mulai hari Kamis (21/1/2021). Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memastikan itu, mengingat terus meningkatnya jumlah kasus Covid-19 akhir-akhir ini.

"Insyaallah Rumah Sakit Infeksi Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno, mulai Kamis ini sudah beroperasi. Rumah sakit yang dilengkapi fasilitas kesehatan sesuai standar penanganan Covid-19 ini, menerima pasien baik dalam kondisi ringan maupun berat secara gratis," kata Gubernur Erzaldi, Rabu (20/1/2021).

Gubernur Erzaldi mengatakan, sejumlah fasilitas, serta sarana kesehatan pendukung yang melengkapi rumah sakit telah rampung dibangun. Dari ruang isolasi, ruang perawatan, hingga ruang petugas kesehatan, dan ruang kontrol pasien sudah siap dioperasikan. 

"Tahap awal ini, pasien pertama yang akan mengisi rumah sakit adalah pasien yang saat ini dirawat di Wisma Karantina Asrama Haji Bangka Belitung. Secara bertahap, 10 pasien akan dipindahkan per dua hari dari Asrama Haji ke RS Covid-19 hingga operasionalnya berjalan lancar," ujarnya.

Hal ini, kata dia, sesuai kesepakatan manajemen dengan tujuan mengurangi beban rumah sakit. Gubernur Erzaldi juga ingin agar masyarakat tahu informasi mengenai beroperasinya RS Covid-19 RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Bangka Belitung. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2