Capaian Vaksinasi Kurang, Seluruh Kabupaten/Kota di Babel Kembali PPKM Level 3

Antara ยท Kamis, 07 Oktober 2021 - 13:25:00 WIB
Capaian Vaksinasi Kurang, Seluruh Kabupaten/Kota di Babel Kembali PPKM Level 3
Seluruh kabupaten/kota di Bangka Belitung kembali ke PPKM Level 3 karena vaksinasi Covid-19 kurang. (foto:ANTARA)

PANGKALPINANG, iNews.id - Seluruh kabupaten/kota di Bangka Belitung (Babel) kembali menerapkan PPKM Level 3. Salah satu penyebabnya karena capaian vaksinasi Covid-19 di Babel masih kurang.

"Saat ini semua kabupaten/kota di Babel berada di PPKM level 3," kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis (7/10/2021).

Mikron mengatakan, tracing salah satu persoalan yang harus dilakukan secara serius. Pekan ini tidak ada kabupaten/kota yang penelusurannya di skala sedang atau memadai. Semua kabupaten/kota kapasitas responnya hanya di level terbatas.

"Angka tracing menunjukkan angka kenaikan dan penurunan yang sangat dinamis. Di sisi lain para tenaga tracer secara massal sudah mengaktifkan aplikasi Silacak dan sudah bersinergi dengan kegiatan satgas tracking (pelacakan) serta tenaga kesehatan di lokasi," katanya.

Menurut Mikron, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021, penentuan naik dan atau turunnya level PPKM suatu daerah juga ditandai dengan tingkat cakupan total vaksinasi dosis satu dan total vaksin dosis satu lanjut usia di atas 60 tahun pada masing-masing daerah tersebut.

"Penurunan level kabupaten/kota dari level 3 menjadi level 2, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal 50 persen dan capaian dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal 40 persen," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: