Intensitas Hujan Mulai Tinggi, Dinkes Bangka Tengah Antisipasi DBD

Rachmat Kurniawan ยท Jumat, 30 April 2021 - 14:21:00 WIB
Intensitas Hujan Mulai Tinggi, Dinkes Bangka Tengah Antisipasi DBD
Plt. Kadinkes Bangka Tengah, Zaitun. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Meningkatnya intensitas hujan di Kabupaten Bangka Tengah membuat Dinas Kesehatan mulai mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya. Terlebih, sekarang ini telah tercatat dua kasus DBD yang ditangani di Kabupaten Bangka Tengah.

"Memang sudah ada dua kasus DBD di Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Koba. Kita telah melakukan penanganan terhadap pasien, termasuk melakukan penyemprotan di kediaman pasien sebanyak dua kali," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, Jumat (30/04/2021).

Kasus DBD di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tergolong tinggi. Pada Januari-Juni 2020, kasus DBD tercatat mencapai 695 kasus. Sementara Covid-19 hanya 148 kasus. Sedangkan kasus Covid-19 di Babel sekarang ini sudah tembus 13.000 kasus. 

Diungkapkan Zaitun, salah satu kasus pasien DBD juga terpapar Covid-19. Kini pasien tersebut tengah mendapatkan penanganan medis secara intensif.

"Satu pasien DBD kita ini ternyata juga terpapar Covid-19. Tapi sudah kita tangani dan telah masuk rumah sakit untuk mendapatkan penangan medis yang intensif," ujar Zaitun.
 

Editor : Erwin Sihombing