Kasus Covid-19 Menurun, Bangka Barat Optimistis Turun ke PPKM Level 2

Rizki Ramadhani ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 16:05:00 WIB
Kasus Covid-19 Menurun, Bangka Barat Optimistis Turun ke PPKM Level 2
Vaksinasi Covid-19 di Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel) mulai menurun. Satgas Covid-19 Bangka Barat optimistis status PPKM turun ke level 2.

"Semua indikator sudah terpenuhi di tingkat 2. Hanya tinggal menunggu pengumuman apakah kita tetap di level 3 atau level 2 atau stagnan," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat M Putra Kusuma, Senin (18/10/2021).

Dia menjelaskan, faktor yang memungkinkan Bangka Barat turun ke Level 2 adalah terpenuhinya sejumlah indikator yaitu transmisi komunitas, kapasitas respons, kepatuhan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi. Kemudian kesadaran masyarakat semakin membaik.

"Setiap kasus yang ada direspons oleh satgas. Misalnya dilakukan tracing, testing dan yang positif dikarantina di isoter. Kemudian pelaksanaan vaksinasi juga mempengaruhi," ujarnya.

Terkait kemungkinan gelombang ketiga pandemi Covid-19, menurutnya satgas juga telah melakukan upaya antisipasi. Salah satunya menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) beserta tenaga kesehatan (nakes) yang memadai.

"Kita sudah sangat siap. Kita punya 100 lebih bed untuk pasien Covid yang butuh perawatan. Jadi kita sudah sangat siap," katanya.

Sebelumnya Satgas Covid-19 Provinsi Babel mengonfirmasi penambahan kasus positif harian hanya 8 orang. Jumlah pasien Covid-19 aktif di Babel saat ini 326 jiwa.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: