Merawat Tradisi, Pramuka Kwarcab Bangka Selatan Nyolo di Hutan Mangrove

Haryanto · Senin, 04 Oktober 2021 - 11:27:00 WIB
Merawat Tradisi, Pramuka Kwarcab Bangka Selatan Nyolo di Hutan Mangrove
Anggota Pramuka Kwarcab Bangka Selatan melakukan tradisi Nyolo di kawasan Hutan Mangrove Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai. (Foto : ist)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bangka Selatan bersama Pokdarwis Desa Tukak, mengembalikan tradisi Nyolo. Kegiatan tersebut sebagai langkah Kwarcab Pramuka Bangka Selatan dalam merawat tradisi agar tetap lestari.

Ketua Kwarcab Pramuka Bangka Selatan, Elizia mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun belakangan, membuat banyak tempat wisata mati suri. Untuk itu, pihaknya menggelar kegiatan Nyolo di Wisata Hutan Mangrove Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai, Minggu (3/10/2021).

"Di masa pandemi ini dan alhamdulillah sekarang Bangka Selatan berstatus PPKM Level 2. Kami Gerakan Pramuka bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan membantu untuk mengembangkan wisata-wisata yang mati suri dikarenakan Covid-19," kata Elizia.

Dia berharap, kegaitan yang mereka lakukan bisa mengenalkan potensi wisata di Bangka Selatan dan memulihkan perekonomian warga sekitar.

"Melalui kegiatan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Kwarcab Bangka Selatan, kami yakin bisa membantu memulihkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia menuturkan, kegiatan sengaja dilakukan di lokasi wisata tersebut dengan tujuan Gerakan Pramuka bisa membantu dan mengabdikan diri kepada masyarakat dalam hal yang positif.

"Salah satunya di sini kami bersama Pokdarwis Desa Tukak, kembali membangkitkan tradisi nyolo yang hampir ditinggalkan oleh masyarkat. Sehingga kegiatan Nyolo ini bisa menjadi suatu objek wisata yang bisa dikembangkan," ujarnya.

Nyolo merupakan kegiatan menangkap habitat laut seperti kepiting, udang maupun ikan saat laut surut di malam hari. Kegiatan Nyolo biasa dilaksanakan pada musim barat yakni kisaran bulan Juni hingga Oktober. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: