Nelayan Sungailiat Usir Kapal Penambang Pasir di Perairan Air Kantung

Endang Kurniawan ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 22:06:00 WIB
Nelayan Sungailiat Usir Kapal Penambang Pasir di Perairan Air Kantung
Aksi penolakan nelayan Sungailiat terhadap aktivitas pengerukan pasir oleh PT Pulomas Sentosa dan PT SMB di perairan Air Kantung Sungailiat, Jumat (2/10/2020). (Foto:iNews.id/Endang Kurniawan)

BANGKA, iNews.id – Puluhan orang yang tergabung dalam nelayan tradisional Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, mengusir kapal pengisap pasir di perairan Air Kantung, Sungailiat, Jumat (2/10/2020) sore. Kapal itu diketahui milik PT Pulomas Sentosa dan PT Seputih Makmur Bersama (SMB).

Dalam aksinya, nelayan yang menggunakan kapal meminta segala bentuk aktivitas penambangan pasir laut segera dihentikan. Sebab, aktivitas itu dinilai merusak ruang tangkap nelayan dan abrasi di beberapa titik pesisir pantai.

Koordinator aksi, Andu Rusli mengatakan, aksi kali ini sebagai bentuk protes masyarakat pesisir yang peduli terhadap laut Bangka.

"Kami minta kapal- kapal penghisap pasir ini segera hengkang dari perairan Air Kantung, karena banyak merugikan kepentingan nelayan kecil," ujarnya.

Nelayan mengancam bila protes mereka tidak diindahkan oleh pihak pengusaha, maka aksi penolakan akan terus berlanjut.

Kepala Cabang PT Pulomas Sentosa, Yanto mengatakan, pihaknya bekerja sesuai dengan perizinan.

"Silakan bila ada aksi penolakan yang dilakukan oleh nelayan. Kami bekerja disini sesuai dengan ketentuan dan perizinan yang sah," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah