Objek Wisata di Belitung Wajibkan Pengunjung Sudah Divaksin Covid

Antara ยท Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:01:00 WIB
Objek Wisata di Belitung Wajibkan Pengunjung Sudah Divaksin Covid
Pengunjung objek wisata di Belitung harus menunjukkan bukti sudah divaksin Covid-19. (Foto: Antara)

BELITUNG, iNews.id - Sejumlah objek wisata di Belitung Provinsi Bangka Belitung mulai dibuka. Namun hanya pengunjung yang sudah divaksin Covid-19 yang boleh mengunjungi.

"Kebijakan ini diterapkan dalam rangka pengendalian Covid-19 dan percepatan vaksinasi di Belitung," kata Sekretaris Daerah Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Rabu (27/10/2021).

Dia menjelaskan, Bupati Belitung Sahani Saleh telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 400/1347/II/2021 tentang Upaya Pengendalian dan Pencegahan Virus COVID-19 di Kabupaten Belitung.

SE tersebut mengatur setiap pengunjung tempat wisata dan hiburan agar menunjukkan bukti sudah divaksin dan sertifikat vaksin Covid-19 atau melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Surat edaran ini mulai berlaku sejak 26 Oktober sampai ketentuan lebih lanjut," ujarnya.

Dia mengatakan, setiap pengelola objek wisata terutama yang dikelola oleh pemerintah daerah harus melakukan penapisan kepada setiap pengunjung, serta meminta bukti sudah divaksin sebagai syarat masuk.

Hal sama juga harus dilakukan oleh pengelola kafe, karoke, rumah makan, warung internet, tempat kebugaran tubuh, tempat biliar, restoran, rumah makan, dan toko modern.

"Dengan kebijakan ini kami harapkan kasus Covid terus melandai dan kekebalan komunal masyarakat terbentuk melalui vaksinasi," katanya.

Dengan kebijakan ini, masyarakat yang belum melakukan vaksinasi agar segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan dan gerai vaksin yang tersedia di Belitung.

"Kami harapkan kepada masyarakat yang belum divaksin agar segera divaksin dan pemerintah daerah sudah menyediakan sejumlah gerai vaksin di sejumlah tempat," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: