Pantiaw, Kuliner Legendaris Khas Babel Rekomendasi Menu Buka Puasa

Haryanto ยท Senin, 19 April 2021 - 12:23:00 WIB
Pantiaw, Kuliner Legendaris Khas Babel Rekomendasi Menu Buka Puasa
Pantiaw siap disantap. (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Bangka Belitung (Babel) memiliki ragam kuliner khas yang menggugah selera, salah satunya pantiaw. Penganan berkarbohidrat tinggi yang disajikan dengan kuah ikan tersebut, sangat cocok dijadikan rekomendasi menu buka puasa.

Tak heran, makanan ini menjadi buruan warga saat momen Bulan Ramadan seperti sekarang. Nah untuk memendapati menu pantiaw ini terbilang cukup mudah, karena banyak yang menjajakannya di lapak - lapak penjual takjil di sudut Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Salah satu penjual pantiaw yang cukup ternama dan terbilang legendaris yakni kedai Affan. Affan yang mewarisi usaha orang tuanya itu, sudah lebih dari 30 tahun bergelut dengan yang namanya pantiaw. 

"Pantiaw makanan khas Bangka ini disajikan dengan kuah ikan. Kalau daerah lain itu mengolahnya dengan digoreng, tapi kalau di kita itu lebih terkenal disajikan dengan kuah ikan. Ikannya ikan air laut," kata Affan, Senin (19/4/2021).

Ia menuturkan, untuk menyajikan kuliner satu ini cukup mudah. Pantiaw atau sering disebut kuetiaw yang sudah diiris, diseduhkan terlebih dulu ke dalam air panas sampai tekstur pantiaw lembut.

Setelahnya, pantiaw ditiriskan dan diletakkan pada wadah piring. Selanjutnya tinggal sirami dengan kuah ikan yang sebelumnya juga sudah dipanaskan.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2