Percepat Penanganan Covid-19, BPBD Bangka Terima Bantuan Peralatan PCR

Antara ยท Senin, 04 Januari 2021 - 12:21:00 WIB
Percepat Penanganan Covid-19, BPBD Bangka Terima Bantuan Peralatan PCR
Boy Yandra Jubir penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka. (Foto:iNews.id/Endang Kurniawan)

BANGKA, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan peralatan polymerase chain reaction (PCR) dari BNPB. Bantuan tersebut untuk mempercepat pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah itu.

"Selama ini untuk mengetahui hasil tes usap dari laboratorium PCR di provinsi harus menunggu tujuh sampai delapan hari, tapi sekarang hanya butuh satu sampai dua hari," kata Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, Minggu (3/1/2021).

Lamanya hasil tes usap keluar, kata Boy Yandra, menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus penyebaran virus corona. Sebab, warga yang melakukan tes usap dalam status orang tanpa gejala sudah pergi ke mana-mana.

"Saya memaklumi lamanya keluar hasil swab dari provinsi. Sebab, daftar antrean cukup banyak bahkan mencapai ribuan berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya.

Menurutnya, laboratorium PCR segera dipergunakan di rumah sakit Depati Bahrin, namun saat ini tinggal menunggu tenaga ahli untuk memasangnya.

"Laboratoium PCR itu nantinya tidak hanya melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Bangka, namun juga untuk melayani dari wilayah Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2