3 Rumah Adat Bangka Belitung yang Sarat Makna dan Filosofi Tinggi

Nabila Maulidina ยท Senin, 06 September 2021 - 22:07:00 WIB
3 Rumah Adat Bangka Belitung yang Sarat Makna dan Filosofi Tinggi
Rumah adat di Bangka Belitung menjadi daya tarik bagi wisatawan karena bentuknya unik. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.idRumah adat Bangka Belitung memiliki sisi unik dan filosofi yang menarik sebagai destinasi wisata. Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang letaknya berada di sebelah timur Sumatera.

Awalnya provinsi yang satu ini terdiri atas Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang merupakan bagian dari Sumatera Selatan. Itulah sebabnya karakteristik stuktur bangunannya hampir sama dengan Sumatera Selatan.

3 rumah adat Bangka Belitung juga mendapat pangaruh dari arsitektur rumah Melayu, ada beberapa macam arsitektur rumah Bangka Belitung sepert Melayu awal, Melayu Bubung panjang, dan Melayu Bubung Limas. 

Bangka Belitung sendiri memiliki 3 jenis rumah adat yaitu rumah panggung, rumah limas, dan rumah sakit. Sekarang mari kita simak yuk 3 rumah adat Bangka Belitung.

1. Rumah Panggung

10 rumah adat Bangka Belitung yang pertama ada Rumah Panggung. Rumah ini terbuat dari kayu, komponen kayu yang digunakan untuk pembuatan rumah ini memiliki arti selaras dengan filosofi kehidupan orang-orang Bangka yang penuh dengan kesederhanaan.

Ciri khas dari rumah adat yang satu ini adalah bentuk atapnya yang tinggi dan sedikit miring, rumah ini juga memiliki jendela yang banyak. Rumah adat yang satu ini tidak menggunakan cat apa pun, sehingga memiliki warna yang asli.

Rumah panggung di Bangka Belitung. (Foto: Instagram)
Rumah panggung di Bangka Belitung. (Foto: Instagram)

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2