Subsidi Gaji 2020 Masih Tersisa, Menaker Akan Ajukan ke Kemenkeu untuk Disalurkan ke Pekerja 

Antara · Kamis, 18 Februari 2021 - 12:40:00 WIB
Subsidi Gaji 2020 Masih Tersisa, Menaker Akan Ajukan ke Kemenkeu untuk Disalurkan ke Pekerja 
Ilustrasi subsidi gaji. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah akan mengajukan pencairan subsidi gaji 2020 yang masih tersisa ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Anggaran subsidi gaji yang masih sisa itu sebelumnya sudah dikembalikan ke kas negara.

Dari data Kemenaker, realisasi subsidi gaji tahun lalu baru sebesar 98,92 persen. Ada 165.790 pekerja yang belum menerima bantuan dari pemerintah untuk termin kedua sebesar Rp1,2 juta. Dengan pengajuan tersebut, para pekerja tersebut bisa segera menerimanya. 

"Jika memang sudah memenuhi syarat kami akan ajukan kembali ke Kementerian Keuangan untuk bisa diproses," kata Ida Fauziyah, Kamis (18/2/2021).

Program subsidi gaji diberikan kepada pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta per bulan. Penyaluran bantuan dilakukan lewat dua termin masing-masing Rp1,2 juta, sehingga total bantuan mencapai Rp2,4 juta. 

Untuk termin pertama (September-Oktober) subsidi gaji disalurkan kepada 12,29 juta orang sementara untuk termin kedua (November-Desember) bansos tersebut dinikmati 12,24 juta orang, sehingga ada pekerja yang memperoleh bantuan pada termin pertama, namun tak dapat pada termin kedua.

"Yang tersisa, sepanjang memenuhi syarat, maka akan kami mintakan kembali kepada Kementerian Keuangan," kata Menaker.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2