BKSDA Bangka Lepasliarkan Tenggiling dan Kukang ke Habitat

Haryanto ยท Kamis, 12 November 2020 - 14:00:00 WIB
BKSDA Bangka Lepasliarkan Tenggiling dan Kukang ke Habitat
Satwa liar Teringgiling dan Kukang saat dilepasliarkan ke habitatnya (foto : iNews.id/ Haryanto)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka bersama Animal Lovers Bangka Island (Alobi) Foundation dan Satgas Pramuka Bangka Belitung (Babel), melepasliarkan satwa langka ke habitatnya. Satwa tersebut terdiri atas dua ekor tenggiling dan dua ukang.

"Alhamdulillah hari ini pelepasliaran empat satwa liar dilindungi yang terdiri atas dua ekor tenggiling dan dua kukang berjalan lancar," ujar Ketua Alobi Foundation, Langka Sani, Kamis (12/11/2020).

Dia mengatakan, hewan-hewan tersebut dikembalikan ke alam setelah menjalankan proses rehabilitasi dan dinyatakan layak untuk dilepasliarkan.

"Untuk Kukang sudah sangat baik secara fisik dan karakternya, karena sudah menjalani masa rehab kurang lebih lima bulan di Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Babel. Sedangkan tenggiling beserta anaknya memang baru kami rescue beberapa hari yang lalu dari masyarakat. Karena menimbang dia masih fresh dari alam jadi segera kami ambil langkah pelepasliaran," ucapnya.

Hewan-hewan yang nyaris punah tersebut, dilepas ke habitatnya di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Permisan, Desa Gudang, Kecamatan Permis, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Editor : Ikhsa Firmansyah