Viral, Perempuan Ini Lukis Wajah Tragedi di Indonesia hingga Tenggelamnya KRI Nanggala

Nani Suherni · Rabu, 28 April 2021 - 19:35:00 WIB
Viral, Perempuan Ini Lukis Wajah Tragedi di Indonesia hingga Tenggelamnya KRI Nanggala
Tangkapan layar perempuan melukis wajahnya dengan berbagai tragedi di Indonesia. (Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Video seorang perempuan berjilbab yang melukis wajahnya menggambarkan tragedi di Indonesia sepanjang tahun 2021 viral di media sosial. Salah satunya, lukisan tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali utara. 

Banyak netizen yang mengaku terharu hingga merinding menonton video yang awalnya dibagikan pemilik akun TikTok fikaazhr.

Pemilik akun ini mengawali videonya dengan wajah yang tampak cantik dan bahagia. Dia terlihat hendak menggambarkan optimisme menatap tahun 2021.

"Harapan 2021 penuh kebahagiaan," tulis pemilik akun TikTok di awal videonya, dikutip iNews.id dari Instagram

Selanjutnya, perempuan berjilbab merah ini tampak memakai masker. Ini menggambarkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berkepanjangan di tahun 2021 ini.

"Namun, susah diwujudkan saat Covid-19 menyerang seakan tiada akhirnya," tulisnya.

Selanjutnya, perempuan berjilbab merah ini melukis wajahnya dengan pesawat terbang Sriwijaya Air dan lautan. Diketahui Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 dan memakan korban jiwa total 62 orang. 

"Sriwijaya Air SJ182 memilih terbang tanpa batas meninggalkan duka untuk semua," tulisnya.

Tragedi di 2021 belum sampai di situ. Sejumlah daerah di Indonesia dilanda bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan angin puting beliung. Semua ini digambarkannya dalam lukisan di wajahnya. 

"Bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung terus berlomba silih berganti," tulisnya lagi. 

Di tahun ini, sejumlah gunung api di Indonesia juga erupsi dan berdampak bagi warga setempat. Kondisi ini dilukiskannya dengan letusan gunung api berwarna merah di wajahnya.

"Seakan memberi tanda kesengsaraan seketika juga gunung erupsi bersama-sama." 

Terakhir, dia melukis kapal selama KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali, pada Sabtu (24/4/2021) setelah dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021). Sebanyak 53 awak kapal selam gugur dalam insiden itu.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2