Viral Puluhan Burung Dijebak Jaring dan Dibiarkan Mati, BKSDA Turun Tangan

Haryanto ยท Sabtu, 13 Februari 2021 - 18:51:00 WIB
Viral Puluhan Burung Dijebak Jaring dan Dibiarkan Mati, BKSDA Turun Tangan
Tim gabungan menurunkan perangkap jaring burung di perempatan lampu merah, Kota Pangkalpinang, Babel, Sabtu (13/2/2012). (Foto: iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pascaviralnya video perangkap jaring burung di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersama Animal Lovers Bangka Island (Alobi) Foundation turun tangan melepas alat yang dipasang oknum tidak bertanggung jawab itu, Sabtu (13/2/2021). Dalam jaring itu ditemukan puluhan burung mati karena dibiarkan lama di bawah terik sinar matahari.

Tim dari BKSDA Sumatra Selatan (Sumsel) menurunkan jaring yang dipasang membentang jalan di perempatan lampu merah, dekat Masjid Jamik Pangkalpinang, Sabtu (13/2/2021). Petugas Satpol PP Provinsi Bangka Belitung dan Pemadam Kebakaran (Damkar) juga dilibatkan untuk melepas perangkap jaring itu.

Sebanyak 20 ekor burung yang terjerat jaring didapati dalam keadaan mati dan tujuh di antaranya masih hidup. 

"Untuk sementara ini ada 20 ekor yang mati. Kalau ini dibiarkan akan banyak mati, karena burung di sini ada banyak, bahkan ribuan," kata Kepala Resort Konservasi Wilayah Bangka, Septian Wiguna.

Pihaknya menyayangkan aksi yang menyebabkan banyak burung mati tersebut. Septian menduga, ada pihak yang merasa terganggu dengan kotoran burung yang berceceran di jalan. Ini mengingat ada ribuan burung jenis layang-layang tidur saat malam hari di lokasi tempat jaring dipasang.

"Sepertinya ini jaring dipasang belum sampai satu minggu," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2