2 Pelaku Spesialis Pembobolan Brankas di Pangkalpinang Ditangkap Polisi

Haryanto · Selasa, 13 Juli 2021 - 15:06:00 WIB
2 Pelaku Spesialis Pembobolan Brankas di Pangkalpinang Ditangkap Polisi
Dua pelaku spesialis pembobolan brankas bersama barang bukti diamankan Tim 2 Jatanras Subdit III Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Istimewa

PANGKALPINANG, iNews.id - Tim 2 Jatanras Subdit III Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menangkap dua pelaku spesialis pembobolan brankas di Kota Pangkalpinang. Keduanya ditangkap di lokasi berbeda dengan sejumlah barang bukti.

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi, mengatakan, kedua pelaku yakni Jaya Aspan (41) dan Heri Irawan alias Lilik (44). Jaya Aspan ditangkap pada Sabtu (10/7/2021) di Desa Benteng Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah sedangkan Lilik ditangkap pada Minggu (11/7/2021) di Kelurahan Parit Padang Sungailiat.

"Salah satunya yakni JA merupakan resedivis dengan tindak pidana yang sama," kata Kombes Pol Maladi, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, pelaku Jaya Aspan sudah kali keluar masuk penjara. Dari penggerebakan terhadap para pelaku, polisi menemukan sejumlah barang bukti yang digunakan untuk melancarkan aksinya.

"Adapun barang bukti yang diamakan di kontrakan JA ini yakni satu buah linggis, satu buah obeng min, tiga buah kunci L yang ujungnya dipipihkan, satu buah tangkai kunci buah yang ujungnya telah dipipihkan," ujar Kabid Humas.

Berdasarkan laporan yang diterima polisi dan pengakuan Jaya Aspan, dirinya telah melakukan pencurian puluhan kali dengan TKP Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan hingga Kabupaten Bangka. Kini polisi tengah melakukan pendalaman terhadap yang bersangkutan.

"Setelah ditangkap, akhirnya kedua pelaku dan barang bukti langsung diamankan di Mapolda untuk melakukan penyidikan lebih lanjut," ucap Maladi.

Editor : Erwin C Sihombing