Beli Olahan Sorgum, Gubernur Erzaldi Panen Sendiri di Kebun Petani

Haryanto · Rabu, 03 Februari 2021 - 16:45:00 WIB
Beli Olahan Sorgum, Gubernur Erzaldi Panen Sendiri di Kebun Petani
Gubernur Babel Erzaldi Rosman, panen sorgum. (Foto: Istimewa)

BANGKA, iNews.id - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menjadi pembeli pertama hasil olahan tanaman sorgum petani di Kabupaten Bangka dan memastikan produknya aman untuk dikonsumsi. Gubernur Erzaldi juga ikut memanen langsung sorgum di ladang petani, Rabu (3/2/2021).

Usia memanen sorgum, Erzaldi kemudian mencoba proses pengolahan sorgumm mulai dari penggilingan hingga menjadi beras dan pengambilan sari pati batang sorgum hingga menjadi air gula. 

"Saya menjadi pembeli pertama hasil olahan sorgum ini. Mulai dari beras dan air gula untuk meyakinkan masyarakat bahan sorgum ini aman dan sehat," kata Gubernur Erzaldi.
 
Menurutnya, sorgum sebagai salah satu alternatif pengganti beras, mampu menjaga keseimbangan ketahanan pangan yang terganggu akibat pandemi covid-19.

"Pemprov memang fokus untuk mempertahankan kesinambungan ekonomi, salah satunya dengan menguatkan para petani," ujarnya.

Gubernur Erzaldi juga memotivasi para penyuluh pertanian, agar tidak sekedar mengajar para petani cara bercocok tanam. Tetapi lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada para petani, jika pertanian itu adalah ladang bisnis. Apabila tekun dijalani akan menjadi usaha yang menjanjikan.

"Jangan menyuruh petani menanam sesuatu apabila pembelinya tidak ada," ucapnya. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2