Diduga Bocor, Penertiban Tambang Ilegal di Hutan Mangrove Belo Laut Sepi

Rizki Ramadhani ยท Selasa, 14 September 2021 - 22:55:00 WIB
Diduga Bocor, Penertiban Tambang Ilegal di Hutan Mangrove Belo Laut Sepi
Aparat gabungan menertibkan tambang timah ilegal di hutan mangrove Dusun III Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Selasa (14/9/2021).( Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Aparat gabungan menertibkan tambang timah ilegal di hutan mangrove Dusun III, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (14/9/2021). Penertiban kali ini diduga bocor, karena saat petugas tiba di lokasi tidak ada lagi aktivitas penambangan.

Kabag Ops Polres Bangka Barat, Kompol Evry Susanto mengatakan kendati tidak menemukan penambang di lokasi, pihaknya akan melakukan tindakan penegakkan hukum jika masih ada masyarakat yang menambang di kawasan hutan mangrove ini.

"Setiap ada razia penertiban pasti selalu bocor, kami tidak tahu ini ada oknum yang membocorkan atau gimana. Sementara ini tindakan penertiban mengumpulkan barang bukti dulu," katanya. 

Sementara itu, Kabid Perlindungan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bambang Trisula mengharapkan hutan mangrove Dusun III, Desa Belo Laut ini dijaga kelestariannya. 

"Informasi dari kepala KPH, kerusakan di hutan lindung ini kurang lebih 3-4 hektare sudah di tambang masyarakat. Luas keseluruhan kurang lebih 2000 hektare," kata Bambang Trisula. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2