Harga Lada Babel Tembus Rp96 Ribu per Kilogram

Haryanto · Kamis, 01 April 2021 - 20:49:00 WIB
Harga Lada Babel Tembus Rp96 Ribu per Kilogram
Seorang anak sedang bermain di kebun ada milik orang tuanya di Kabupaten Bangka Tengah. (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Harga komoditas pertanian di Bangka Belitung (Babel) berupa lada putih, mengalami lonjakan signifikan. Harga lada yang dikenal dengan brand Mentok White Papper itu, melejit hingga Rp96.000 per kilogram.

Data Kantor Pemasaran Bersama (KPB) Provinsi Kepulauan Babel per tanggal 1 April 2021, merinci lada dengan kualitas MQ atau kualitas lada yang merupakan hasil panen dari petani yang belum disortir dan uji lab berada diharga beli Rp90.000 per kilogram.

Kemudian, lada dengan kualitas SNI dua atau kualitas lada yang telah disortir dan uji lab, harga belinya Rp94.000 per kilogram.

 Sedangkan, untuk kualitas SNI satu (kualitas lada super yang telah disortir dan uji lab) sekarang tembus dengan harga beli Rp96.000 per kilogram.

"Kita patut bersyukur. Sebab, komoditas pertanian khususnya pertanian perkebunan mengalami perbaikan harga. Ada beberapa komoditas yang memang naik sejak kemarin, ada perubahan harga yaitu yang pertama perubahan harga pada lada," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pemprov Babel, Irman,  Kamis (1/4/2021).

Menurutnya, kenaikan harga lada dipengaruhi oleh lepasnya Babel dari Internasional Papper Community (IPC), sehingga Babel bisa mengatur harga lada sendiri.

"Kenaikan harga lada juga tidak luput atas keberanian Gubernur Erzaldi yaitu kita memisahkan diri yang dari namanya IPC, kumpulan beberapa negara yang memang penghasil lada yang diketuai oleh Vietnam," ujarnya.

Sementara kenaikan juga diikuti oleh komoditas pertanian lainnya, seperti karet dan sawit. Harga karet tingkat kabupaten Rp7.000 sampai Rp9.000. Untuk harga provinsi Rp9.000 sampai Rp12.000 dan yang disepakati adalah harga tingkat kabupaten, yaitu berkisar Rp8.000 sampai Rp9.000 per kilogram.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2