Kawasan Bekas Tambang Timah di Babel Bakal Disulap Jadi PLTS

Antara ยท Rabu, 18 November 2020 - 13:30:00 WIB
Kawasan Bekas Tambang Timah di Babel Bakal Disulap Jadi PLTS
Gubernur Kepulauan Babel usai beraudiensi dengan Dirut PT Ffaireness Indonesia Daya (FID) di Pangkalpinang, Rabu. (Foto: Antara/Aprionis)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan bekas penambangan bijih timah. Pembangunan ini untuk meningkatkan ketersediaan energi dan mendorong perekonomian masyarakat.

"Saat ini sudah ada investor yang ingin berinvestasi pengembangan PLTS di lahan bekas tambang ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan usai beraudiensi dengan Dirut PT Ffaireness Indonesia Daya (FID), Rabu (18/11/2020).

Dia mengatakan audiensi dengan PT FID calon investor pengembangan PLTS di lahan bekas tambang ini membahas investasi sekitar 4-5 MW dari 1.250 MW pada lahan bekas tambang yang konsesinya telah kembali ke Pemprov Babel.

Selain itu, membahas program konversi PLTD dengan pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dari PLN di lokasi sulit bahan bakar minyak (BBM) untuk bahan bakar pembangkit listrik tersebut.

"Kami sangat mendukung calon investor ini membangun PLTS di bekas tambang, sehingga lahan ini lebih bermanfaat untuk kemajuan pembangunan dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Editor : Nani Suherni