Pemprov Babel Akan Budi Dayakan Ikan Gabus dan Toman di Lahan Bekas Tambang

Antara ยท Senin, 15 November 2021 - 12:30:00 WIB
Pemprov Babel Akan Budi Dayakan Ikan Gabus dan Toman di Lahan Bekas Tambang
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan. (Foto: do iNews)

PANGKALPINANG, iNews.id - Lahan bekas penambangan timah di Bangka Belitung (Babel) akan dijadikan tempat budi daya ikan gabus dan toman. Budi daya tersebut salah satunya untuk meningkatkan perekonomian mayarakat setempat.

"Ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi, karena mengandung berbagai protein atau albumin yang diminati masyarakat dunia," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (15/11/2021).

Menurut Erzaldi, pengembangan ikan gabus dan toman ini sebagai tindaklanjut arahan Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Doni Monardo. Mantan Kepala BNPB itu menyarankan lahan bekas penambangan bijih timah di Babel dimanfaatkan untuk budi daya ikan gabus dan toman.

"Protein kedua ikan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat, terkhusus membuat sehat dan pertumbuhan fisik masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung lebih kuat, bisa tinggi, cerdas," katanya.

Menurut Erzaldi, budi daya kedua ikan itu dengan menggandeng perusahaan tertentu. Namun dengan memberdayakan masyarakat sekitar di setiap titik yang akan menjalankan program budi daya tersebut.

"Kita menggandeng Komunitas ISKA yang ditunjuk untuk mendampingi masyarakat dalam membudidayakan dan memelihara ikan gabus dan toman ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: