Pesan Berantai Operasi Jam Malam di Pangkalpinang, Satgas Covid-19 Babel: Itu Hoaks

Haryanto · Sabtu, 10 Juli 2021 - 08:56:00 WIB
Pesan Berantai Operasi Jam Malam di Pangkalpinang, Satgas Covid-19 Babel: Itu Hoaks
Beredar pesan berantai operasi jam malam di Pangkalpinang. (Foto:ist)

PANGKALPINANG, iNews.id - Warga Kota Pangkalpinang diresahkan dengan informasi adanya jam malam di masa Covid-19 yang beredar di aplikasi perpesanan atau WhatsApp (WA) group. Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa menegaskan informasi tersebut hoaks.

"Memang pesan berantai itu banyak bermunculan di group-group WA, termasuk group di Jakarta yang menyatakan adanya semacam operasi jam malam. Namun hal-hal itu belum ada pernyataan resmi dari pemerintah untuk membenarkannya. Terutama untuk Pangkalpinang, saya katakan hoaks," kata Mikron, Jumat (9/7/2021).

Dikatakan Mikron, informasi apapun terkait kegiatan atau program di masa pandemi akan dirilis secara resmi oleh pihak berwenang. Masyarakat yang merasa ragu dengan informasi tersebut, dapat melakukan konfirmasi kepada petugas berwenang.

"Yang jelas, berita-berita tersebut harus dikonfirmasi kepada petugas-petugas ataupun satgas kebenarannya, apakah benar atau tidak," ujar Mikron.

Mikron mengimbau, masayarakat dapat cerdas memilah dan menyaring informasi yang beredar, agar tidak menjadi pihak yang ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks.

"Imbauan kami, sebelum menggerakkan jari tangannya untuk men-share agar ditanyakan dulu kepada satgas atau petugas yang berwenang. Sehingga pesan ini tidak berantai dan terputus," ucapnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2