Tindak Lanjuti Pencemaran Sumber Air Baku di Bangka Selatan, Bupati Turunkan Tim Gabungan

Wiwin Suseno ยท Selasa, 26 Oktober 2021 - 06:36:00 WIB
Tindak Lanjuti Pencemaran Sumber Air Baku di Bangka Selatan, Bupati Turunkan Tim Gabungan
Tim gabungan Pemkab Bangka Selatan saat mengecek kondisi SPAM Tukak Sadai yang tercemar limbah tambang. (Foto: Ist)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menurunkan tim gabungan guna menindaklanjuti pencemaran sumber air baku Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Tukak Sadai Toboali akibat limbah tambang. Namun saat petugas tiba di lokasi tidak ada lagi aktivitas tambang.

Tim gabungan terdiri atas Dinas Lingkungan Hidup, UPT SPAM Toboali, Satpol PP, Camat Tukak Sadai, bhabinkamtibmas dan babinsa desa setempat.

Menurut Riza berdasarkan laporan dari tim di lapangan, saat ini tidak ada lagi aktivitas pertambangan di seputaran sumber air baku SPAM Tukak Sadai tersebut.

"Saat tim kami datang tidak ada lagi aktivitas pertambangan. Peralatan tambang juga sudah diangkut oleh pemiliknya," katanya, Senin (25/10/2021).

Kendati demikian, kata Riza, anggota Satpol PP Bangka Selatan akan terus melakukan pengamanan guna mengantisipasi penambang yang masih membandel.

"Semoga dengan tidak ada lagi aktivitas pertambangan, air SPAM Tukak Sadai kembali jernih sehingga air yang dialiri dari SPAM ke masyarakat kembali layak untuk digunakan," ucapnya.

Dia juga mengimbau agar para penambang dapat memerhatikan fasilitas umum saat melakukan aktivitas pertambangan.

"Tolonglah perhatikan fasilitas umum kita, apalagi yang menyangkut kebutuhan orang banyak. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi," katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: