Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemprov Babel Serahkan SK Hutan Adat Seluas 34.618 Ha

Antara ยท Senin, 11 Januari 2021 - 12:59:00 WIB
Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemprov Babel Serahkan SK Hutan Adat Seluas 34.618 Ha
Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Adat, Hutan Sosial dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada warga di Pangkalpinang, Senin (11/1/2021). (Foto : Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Adat, Hutan Sosial dan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 34.618 hektare kepada 8.010 kepala keluarga. Hal itu guna mendorong laju perekonomian warga di masa pendemi Covid-19.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah mengatakan, penyerahan SK Hutan Adat, Hutan Sosial dan TORA ini berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), guna mengoptimalkan pemanfaatan lahan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

"Presiden Jokowi berharap surat tanah ini untuk tidak dipindahtangankan, tetapi diolah menjadi tanah yang produktif dan bernilai ekonomi tinggi. Jangan sampai tanah ini didiamkan saja dan tidak dikelola. Penerima SK hutan ini harus menyusun rencana-rencana pengembangannya," kata Abdul Fatah, Senin (11/1/2021).

Abdul Fatah menambahkan, penyerahan seluas 34.618 hektare kepada 8.010 kepala keluarga (KK) ini dengan rincian 34.400 hektare SK Hutan Sosial untuk 7.120 KK dan SK redistribusi tanah seluas 218 hektare kepada 890 KK di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Saat ini sudah banyak diserahkan SK hutan sosial kepada masyarakat Babel. Dari Beberapa kelompok masyarakat telah menunjukkan bagaimana cara pengelolaannya," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah