Warga di Babel Rayakan Maulid Nabi dengan Tradisi Nganggung

Haryanto ยท Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:16:00 WIB
Warga di Babel Rayakan Maulid Nabi dengan Tradisi Nganggung
Warga di Babel rayakan Maulid Nabi dengan Tradisi Nganggung. (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar di beberapa daerah di Bangka Belitung, Selasa (19/10/2021). Di Pangkalpinang, masyarakat menyambutnya dengan Tradisi Nganggung ke masjid, sembari memanjatkan doa dan mendengarkan ceramah agama tentang Rasulullah SAW.

Sejak pagi hari, ratusan masyarakat di Kelurahan Opas Indah Pangkalpinang antuasiasme merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Robiul Awal.

Baik kaum pria, wanita hingga anak-anak berkumpul di masjid tempat perayaan Maulid Nabi biasa digelar. Di sana, mereka saling bertegur sapa antara satu sama lain.

Beberapa dulang yang ditutupi Tudung Saji, berjejer di depan mereka yang duduk bersila sembari berdoa dan mendengarkan ceramah agama tentang Baginda Rasulullah Nabi Muhammad.

Dulang-dulang ini dibawa oleh masyarakat setempat dari rumah masing-masing, yang berisikan makanan pokok untuk kemudian disantap bersama usai beroda dan mendengarkan ceramah.

Membawa dulang ke masjid oleh masyarakat lokal disebut Nganggung, sebuah tradisi syarat akan makna gotong royong yang sudah dijalani nenek moyang mereka sejak dahulu.

"Ayo siapa lagi yang menghidupkan budaya Nganggung ini kalau bukan kita," kata Pengurus Masjid Asy Syukur Opas Indah, Rahmad Damhuri.

Ia menuturkan, Budaya Nganggung sebagai wadah silaturahmi antar sesama yang harus tetap lestari.

"Ini suatu peninggalan orang tua kami dulu. Ini lah Budaya Nganggung, untuk mengikat tali silaturahmi kita di sini," ujarnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: