Awal Juni, Petani Lada di Belitung Mulai Masuk Musim Panen

Antara · Senin, 07 Juni 2021 - 15:34:00 WIB
Awal Juni, Petani Lada di Belitung Mulai Masuk Musim Panen
Petani di Belitung tengah memetik lada. (Foto: Antara)

BELITUNG, iNews.id - Petani lada di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai memasuki musim panen pada awal Juni. Sedangkan untuk musim panen raya diprediksikan akan terjadi pada Juli hingga Agustus 2021.

“Musim panen lada di daerah itu berlangsung mulai Juni, sedangkan musim panen raya diprediksi Juli hingga Agustus mendatang. Saat ini sudah memasuki musim panen secara merata di beberapa daerah yang menjadi sentra perkebunan lada Belitung," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly, Senin (7/6/2021).

Dia mengatakan, selama musim panen para petani diharapkan dapat memperhatikan pengolahan pascapanen, terutama proses perendaman dan penjemuran. 

“Hal itu guna menjaga kualitas dan mutu lada yang dihasilkan tetap baik,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, petani diharapkan dapat melakukan perendaman lada pada air yang mengalir sehingga tidak tercemar dengan bakteri yang bisa menyebabkan kualitas dan mutu lada menurun.

"Ketika kualitas lada menurun maka sangat berpengaruh terhadap harga jual lada, kemudian ketika melakukan penjemuran kualitas tingkat kekeringannya juga harus diperhatikan," ucapnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2