Wagub Babel Singgung Royalti dan Saham PT Timah yang Minim

Haryanto ยท Sabtu, 06 Februari 2021 - 14:41:00 WIB
Wagub Babel Singgung Royalti dan Saham PT Timah yang Minim
Wagub Babel, Abdul Fatah saat menerima kunjungan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, iNews.id - Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel) Abdul Fattah, berharap agar DPR RI menyampaikan aspirasi masyarakat Babel atas kenaikan royalti dari tiga persen ke enam persen, hingga diberikannya saham PT Timah sekitar 14 persen. Hal itu disampaikan karena kehendak tersebut hingga kini belum terkabulkan.

Pengajuan itu, dikatakan wagub, dimaksudkan agar dapat meningkatkan pendapatan daerah sehingga pembangunan segera dilaksanakan dan masyarakat Babel merasakan hasilnya. Selain itu, masyarakat Babel dapat lebih mencicipi manfaat dari aktivitas pertambangan selama ini. 

Pernyataan itu disinggung Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel) Abdul Fatah, saat menerima kunjungan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, dalam rangka Sosialisasi Diplomasi Parlemen "BKSAP Day", di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Jumat (5/2/2021). 

Dalam pertemuan dengan BKSAP DPR RI yang diketuai oleh Fadli Zon tersebut, Wagub Abdul Fatah mengharapkan aspirasi ini untuk disampaikan. Sebab, pihaknya merasa pembagian atas royalti pertimahan selama ini belum adil. 

"Ini yang kami rasakan belum, berbaginya belum adil. Jadi kami harapkan BKSAP bisa menjembatani permasalahan ini supaya masyarakat Babel dapat menikmati kekayaan sumber daya alamnya," ujar Abdul Fattah, saat menerima kunjungan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Sabtu (6/2/2021).

Dijelaskannya, jika Babel yang notabene adalah wilayah kepulauan, dalam penyelenggaraannya bertumpu pada sumber daya alam yang meliputi timah dan mineral ikutan, sektor pariwisata, pertanian perkebunan, perikanan dan kelautan, serta sektor lainnya yang mendukung pembangunan. 

"Khusus di sektor pariwisata, Babel menjadi salah satu dari 10 provinsi lain yang ditetapkan sebagai destinasi nasional. Kami yakin pada tahun berikutnya pariwisata Bangka Belitung akan meningkat dan menjadi proyek strategis nasional," kata Wagub.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2